x iklan yt x

SELAMAT DATANG DI BLOG BUATAN SAYA, SEMOGA ANDA BERTAMBAH PENGALAMAN DENGAN DATANG KE BLOG SAYA dan BERITAHU TEMAN ANDA UNTUK MAMPIR JUGA YAH!!

Laman

apa yang anda cari?

Thursday, January 7

Gambar rangkaian multivibrator monostabil


Langkah-langkah :
a.       Kita akan membuat “Rangkaian Multivibrator Monostabil” dengan aplikasi proteus 
b.       (yang perlu diperhatikan hanyalah ketelitian karena komponen harus pas sesuai ukuran dan fungsi)
c.       Pertama kita membuat ANALOGD, dengan cara mengklik COMPONENT MODE, 
d.      Lalu mengklik di keyboard P yang berguna untuk mencari komponennya atau bisa juga dengan mengklik P pada layar dan kita mulai mencari komponen seperti resistor capasitor transistor batrai dan yang lainnya...
e.       Lalu akan muncul pencarian, lalu tulis ANALOGD maka akan muncul banyak ANALOGD, kita tinggal memilih saja yang mana yang ingin kita pakai. Contohnya saya mengambil ANALOGD dengan device ADM706AN ataupun yang lainnya lalu klik OK.
f.       Lalu ANALOGD akan muncul di COMPONENT MODE. Lalu kita klik lagi ANALOGD tersebut dengan mengklik tulisan devicenya lalu klik enter lalu kita taruh dibagian yang kita inginkan dan untuk ngeblok kembali komponen tersebut dengan mengeklik kanan
g.      Setelah itu kita buat resistor dengan cara yang sama pada pencarian COMPONENT MODE lalu klik P lagi lalu tulis RESISTOR maka akan muncul. Lalu akan muncul juga di COMPONENT MODE. Lalu klik enter dan taruh ditempat yang kita inginkan. Jika ingin memutar bagian resistor bisa dengan cara klik kanan pada mouse lalu klik rotate. Dan jika ingin memindahkan komponen bisa dengan mengklik DRAG OBJECT. Ulangi jika diperlukan penambahan resistor dengan ukuran lainnya
h.      Membuat kapasitor juga sama dengan cara yang sama. Dengan keyword CAPACITORS. Lalu kita milih SUB-CATEGORY. Misalkan saya memilih “Multilayer Ceramic Y5V” dengan device 04022F104Z7B20D lalu klik dan klik ok. Ingat coba coba komponen dan runing jika hidup maka anda berhuntung :)
i.        Lalu kita akan membuat ground dengan cara mengklik bagian TERMINAL MODE lalu klik GROUND dan enter lalu taruh dibagian mana yang kita inginkan.
j.        Lalu kita bikin Input dengan cara mengklik bagian TERMINAL MODE lalu klik INPUT dan enter lalu taruh dimana yang kita inginkan.
k.      Lalu untuk menyambungkan komponen-komponennya dengan cara mengklik SELECTION MODE lalu kita garis atau kita sambungkan komponen-komponen tersebut.
l.        Dan hasil contoh rangkaian saya adalah seperti ini


hNAMA : ARI PRISMA ARDIANSYAH
KELAS : 1 IB 04
JURUSAN ELEKTRO
MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK :)







Penggambaran pada peta (jika di masukan ke pcb akan seperti gambar tersebut)
Pengambilan komponen yang saya pilih
Komponen pengambilan batrai kabel groud dll
Alat untuk menyambungkan kabel dan bergeser pada warna hitam dan untuk menambahakan komponen pada wana kuning
Jika rangkaian anda sudah selesai bisa dicoba simulasi rangkaian terlebih dahulu
Tool untuk memutar komponen
Ada baiknya jika selesai segera disave, dan jika ingin mencetak juga bisa
Pembuatan lembar kerja baru atau buka file yg sudah ada

No comments:

Post a Comment

googe ads