x iklan yt x

SELAMAT DATANG DI BLOG BUATAN SAYA, SEMOGA ANDA BERTAMBAH PENGALAMAN DENGAN DATANG KE BLOG SAYA dan BERITAHU TEMAN ANDA UNTUK MAMPIR JUGA YAH!!

Laman

apa yang anda cari?

Thursday, April 11

Pemanfaatan multimedia

PEMANFAATAN MULTIMEDIA

 


Pendahuluan

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat telah berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Sampai saat ini, menurut TofFler, perkembangan tersebut telah mencapai gelombang yang ketiga. Gelombang pertama timbul dalam bentuk teknologi pertanian, dimana era pertanian ini telah berlangsung selama ratusan ribu tahun yang lalu bahkan sampai sekarang. Gelombang kedua timbul dalam bentuk teknologi industri, era industri ini telah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu sampai sekarang. Kini, gelombang ketiga yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi elektronika dan informatika. Perubahan dari era industri ke era informasi (global) ini hanya berlangsung dalam hitungan waktu tidak lebih dari setengah abad (Dryden dan Voss, 1999).
Penempatan Multimedia dapat dilaksanakan  dimana saja selama peran  masyarakat membutuhkan akses menuju sumber media yang membutuhkan  informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Peran Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit sukar dalam penerimaan  terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.

Adapun pemanfaatan multimedia dalam kehidupan sehari-sehari yang di lakukan masyarakat dalam berbagai kategori atau aspek antara lain adalah :

Multimedia di Rumah Tangga
Kebanyakan dari produk multimedia sampai ke rumah-rumah lewat televisi biasa atau melalui jaringan komputer pribadi (PC). Pada saat ini, konsumen dari produk multimedia sudah memiliki komputer yang sudah terpasang CD-ROM Player atau televisi yang dihubungkan dengan alat sejenis CD player, seperti Kodak Photo CD, Philips CD-I Player atau Panasonic 3DD Player.
Alat-alat permainan seperti Nintendo, Sega, Playstation atau Atari sudah mulai masuk kerumah-rumah. Banyak dari produk mereka menggunakan teknologi CD yang mengizinkan multimedia masuk ke rumah tangga. Telah terjadi peningkatan penjualan atas produk multimedia hiburan berbasis komputer dan produk game elektronik. Kenyataan ini telah membuka suatu peluang baru bagi pemasaran multimedia, baik untuk hiburan maupun untuk kepentingan usaha yang akan membuat kemudahan baik bagi produsen maupun konsumen.

Multimedia Dalam Pendidikan
Barangkali dunia pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya.
Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.

 

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk susuai dengan fungsinya dalam pendidikan. Fungsi teknologi informasi dan Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan sudah menjadi keharusan yang tidak dapat ditunda-tunda lagi. Berbagai aplikasi teknologi informasi dan komunikasi sudah tersedia dalam masyarakat dan sudah siap menanti untuk dimanfaatkan secara optimal untuk keperluan pendidikan. Pada kondisi riil, teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan nantinya berfungsi sebagai gudang ilmu, alat bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar kompetensi, penunjang administrasi, alat bantu manajemen sekolah, dan sebagai infrastruktur pendidikan

Multimedia di Tempat Umum
Hotel, stasiun, pusat perbelanjaan, museum dan tempat tujuan wisata akan menjadi sasaran utama dalam lingkup ini. Stand alone terminal dan kios k akan tersedia ditempat-tempat tersebut guna memberikan informasi. Instalasi alat seperti ini akan mengurangi penggunaan informasi tradisional dan personilnya. Alat ini dapat bekerja sepanjang waktu, bahkan saat tengah malam, dimana tenaga konvensional tidak tersedia.
Kios k disebuah pusat perbelanjaan dapat memberikan informasi tentang keadaan pusat perbelanjaan tersebut mulai dari denah lantai, jenis toko sampai penawaran diskon ditoko tersebut. Sebuah kios k disebuah hotel dapat memberikan data restoran terdekat berikut foto dan suara penyanyinya, peta kota, jadwal transportasi dan tempat wisata. Pemasangan printer biasanya disertakan agar pemakai dapat membawa informasi tertulis. Kios k dibandara dapat memberikan jadwal kegiatan bandara, daftar hotel dan apabila telah tersambung dengan sistem jaringan terpadu dapat memberikan pelayanan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel.
Semua contoh aplikasi diatas menuju satu tujuan, yaitu penyampaian informasi yang cepat, jelas, menarik dan efisien tanpa harus mengurangi nilai dari informasi tersebut.

Multimedia Dalam Bisnis
Pengimplementasian multimedia dalam lingkup bisnis mencakup presentasi, pelatihan, marketing, periklanan, demo produk, database catalog dan komunikasi jaringan. Voice Mail dan Video Confrence dalam waktu dekat ini akan tersedia dibanyak LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network).
Presentasi pagi hari yang membosankan dari slide 35 mm dan OHP (Overhead Proyektor) yang disampaikan dari sebuah divisi penjualan, akan segera digantikan oleh presentasi multimedia yang penuh dengan variasi. Para manajer dapat mempresentasikan ide-idenya lebih dari sekedar teks biasa dan menarik perhatian atasannya.

 
Pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) dapat menjadi lebih hidup dan imajinatif. Seorang mekanik dapat mempelajari cara kerja mesin tanpa harus dilumuri oli. Pramugari dapat belajar mengatasi para pembajak melalui suatu simulasi multimedia. Para penjual dapat mendemonstrasikan produk perusahaannya tanpa harus membawa produk aslinya, tetapi tetap memberikan gambaran yang sama hebatnya.
Jika semakin banyak perusahaan dan masyarakat bisnis yang menggunakan kemampuan multimedia, biaya instalasi multimedia menjadi berkurang, akan banayk aplikasi yang dibuat baik oleh divisi perusahaan itu maupun oleh pihak ketiga yang pada akhirnya mengakibatkan proses bisnis menjadi semakin efisien.

 

Dalam Ilmu kesehatan

Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

 

Pada Bidang Transformasi

Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.

Dengan komputer, narigasi kapal laut  bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

 

Pada Bidang pengiriman Barang

Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

 

Pada Bidang Otomotif dan Jasa Konstruksi

Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

            Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

 

Sebagai alat Promosi produk atau perusahaan

 

Penyajian suatu informasi akan lebih menarik apabila ditampilkan dalam suatu media yang dapat menggabungkan berbagai bentuk informasi yang ada. Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi dalam bidang informasi khususnya komputer adalah Multimedia. Multimedia dewasa ini merupakan salah satu alat penyampaian informasi dalam bentuk gambar, animasi, teks, suara atau video, yang mudah dicerna oleh siapa saja. Multimedia berasal dari kata Multi yang berarti banyak, dan Media yang berarti sarana atau piranti untuk berkomunikasi. Jadi Multimedia adalah sarana atau piranti komunikasi melalui lebih dari satu media komonikasi yang berbasis komputer untuk menyampaikan suatu Sistem informasi.

Dengan sarana multimedia sebuah perusahaan dapat mempromosikan baik berupa jasa maupun produk dengan penyajian yang lebih menarik dan interaktif  secara visual sehingga konsumen dapat lebih tertarik.

 

Adapun dalam penulisan artikel ini saya selaku penulis ini ,meminta maklum atas kekurangan dalam penulisan artikel ini karna saya selaku mahasiswa yang masih banyak belajar dalam penyusunan dan tata cara penulisan artikel . adapun referensi yang saya lakukan dalam penulisan artikel ini saya tuliskan atau lampiran antara lain :

 

Referensi :

http://chievan.blogspot.com/2010/04/pemanfaatan-multimedia.html


http://pasca.tp.ac.id/site/pemanfaatan-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan


http://dannyonggo.blogspot.com/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html


http://research.amikom.ac.id/index.php/JD/article/view/472


http://lokerkomputer.blogspot.com/2013/02/peran-dan-pemanfaatan-multimedia.html


6.      file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/…/1._Inovasi_Pembelajaran.pdf


http://www.tp.ac.id/tag/manfaat-multimedia-dalam-bidang-kesehatan


http://www.slideshare.net/6306068/sesi-1-aplikasi-multimedia-pada-berbagai-bidang


http://dendi128.blogspot.com/2012/04/tugas-minggu-1-multimedia.html


http://agungborn91.wordpress.com/2013/03/16/pemanfaatan-multimedia/


Wednesday, March 27

konsep dasar teknik teknologi informasi dan multimedia


Multimedia Dalam Dunia Pendidikan
Posted in Teknologi Informasi dan Multimedia on Maret 17, 2013 by agungborn91
Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan secara singkat mengenai pemanfaatan multimedia di berbagai bidang. Sama seperti pada artikel sebelumnya, pada artikel ini akan dibahas mengenai pemanfaatan multimedia namun akan lebih fokus terhadap dunia pendidikan. Perkembangan yang serba pesat menjadikan multimedia sebagai alat penunjang untuk proses pembelajaran dan pendidikan bagi murid maupun pengajar. Keberadaan multimedia sangat membantu dunia pendidikan karena dapat menjadikan hal-hal yang rumit untuk dipelajari menjadi hal yang dekat, menarik dan mudah dimengerti.

Tujuan dasar penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran antara lain untuk  menyalurkan  pesan  (pengetahuan,  keterampilan  dan  sikap)  serta  dapat  merangsang  piliran,  perasaan,  perhatian  dan  kemauan  yang  belajar  sehingga  secara  sengaja  proses belajar  terjadi,  bertujuan  dan  terkendali.

A. Pengertian Teknologi Informasi
Istilah teknologi informasi (TI) mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.
Banyak kalangan berpendapat bahwa saat ini adalah era informasi global, di mana manusia bisa memanfaatkan teknologi informasi yang perangkat utamanya adalah komputer. Informasi yang bisa diolah tidak hanya sekedar informasi suara atau gambar, namun informasi bisa bersifat multimedia.
Manusia dapat memanfaatkan komputer dengan beragam cara mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian masalah-masalah ilmiah, bisnis, manajemen, mengendalikan mesin industri, bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa. Tujuan penggunaan komputer adalah agar setiap data yang diolah dapat dihasilkan informasi yang cepat, akurat, informatif, dan efisien.
TI merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. TI telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sector kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu, sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) TI, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan TI para pimpinan di lembaga pemerintahan, pendidikan, perusahaan, UKM (usaha kecil menengah) dan LSM. Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat baik bagi manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sektor kehidupan.
Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. TI yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. TI tidak dapat dipisahkan dari teknologi komunikasi. Istilah TI sering disambung dengan istilah komunikasi sehingga yang sering terdengar adalah istilah teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Padahal kedua istilah tersebut memiliki perbedaan.
TI lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh. Teknologi ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan. TI berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada. Teknologi komunikasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi, sehingga suatu informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.
Secara sederhana dapat dideskripsikan bahwa TI adalah segala sesuatu tentang bagaimana komputer bekerja dan apa yang dapat dilakukan oleh komputer. Sementara itu, teknologi komunikasi adalah segala sesuatu tentang pemberian fasilitas untuk komunikasi antara orang dengan orang atau orang dengan mesin/komputer atau mesin dengan mesin.
Teknologi komunikasi tidak hanya mencakup komputer saja, tetapi juga termasuk telepon, radio, fax dan peralatan lainnya. Teknologi informasi dibentuk dari komponen teknologi komputer dan muatan informasi. Pada awal ditemukannya komputer atau awal digunakannya komputer, istilah Teknologi Informasi belum dikenal, yang dikenal adalah teknologi komputer, EDP (electronic data processing) atau teknologi pengolahan data elektronik.
Baru sekitar awal tahun 80-an, sebutan untuk unit kerja yang melakukan pengolahan data elektronik berubah dari EDP menjadi unit kerja Teknologi Informasi, kadang ada juga yang salah penulisannya, yaitu unit kerja Teknologi dan Informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah identik dengan teknologi telekomunikasi yang menjadi inti proses penyebaran informasi.
Uraian tersebut di atas adalah perbedaan definisi antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi, jika memang diinginkan adanya pemisahan definisi dari kedua istilah tersebut. Tetapi kenyataannya dalam konteks TIK kedua istilah tersebut tidak dapat dipisahkan. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi.
B. Pentingnya Informasi bagi Pimpinan
Informasi merupakan salah satu sumber daya penting dalam manajemen modern. Dapat dikatakan bahwa informasi merupakan aliran darah dalam tubuh organisasi, sehingga tanpa informasi maka organisasi akan mati. Informasi diperoleh melalui pengolahan data, sehingga data adalah bahan mentah informasi, dan informasi adalah produk pengolahan data yang dilakukan oleh sistem informasi.
Pada awalnya semua organisasi mulai dengan mengumpulkan data, data kemudian dimasukkan (data-entry) ke dalam sistem komputer melalui perangkat masukan (input), dan disimpan ke dalam file basis data. Data yang tersimpan dalam file basis data kemudian dibaca kembali dan diproses menjadi informasi. Informasi ini disajikan pada perangkat output untuk diberikan ke pimpinan. Pimpinan kemudian menggunakan informasi untuk melakukan tindakan atau mengambil keputusan. Beberapa saat kemudian hasil tindakan atau hasil pengambilan keputusan dievaluasi dan menjadi bahan untuk perbaikan data.
Data merupakan fakta dasar, data baru berarti kalau sudah diolah dan dikaitkan dengan suatu konteks tertentu. Informasi adalah suatu hasil pengolahan data dalam bentuk agregat untuk menghasilkan pengetahuan atau kemampuan. Informasi adalah sesuatu yang dapat menambah pengetahuan penerimanya jika dibangun dari data yang tepat dan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Informasi merupakan darah dan elemen penting dalam menjaga kelangsungan hidup suatu organisasi
Kualitas informasi yang dihasilkan oleh suatu sistem informasi bergantung pada beberapa faktor, antara lain:
1. Ketepatan waktu : informasi harus tiba di tangan pimpinan tepat waktu, tidak boleh terlambat, informasi yang terlambat akan berkurang nilainya. Di samping ketepatan waktu (timeliness) informasi juga ditentukan oleh usia (age), berapa lama informasi tersebut berlaku. Faktor usia biasa dikaitkan dengan rentang waktu (time frame), misalnya laporan keuangan hanya berlaku 4 bulan.
2. Ketepatan isi : informasi harus tepat isinya, atau harus akurat, tidak mengandung kesalahan. Ketepatan isi juga selain berkaitan dengan akurasi juga berkaitan dengan presisi. Akurat berarti tidak mengandung kesalahan, sedang presisi menyatakan derajat kerincian informasi, semakin rinci berarti semakin presisi.
3. Ketepatan sasaran: informasi harus tiba di tangan orang yang memerlukannya, apabila salah sasaran informasi tersebut tidak berguna atau bisa disalah-gunakan.
4.  Relevansi : informasi harus relevan dengan kebutuhan pimpinan atau penggunanya, bila tidak maka informasi ini tidak berguna.
5. Kemudahan akses : informasi harus bisa diperoleh dengan mudah agar dapat diterima oleh pimpinan atau pengguna tanpa hambatan dan lancar. Misalnya informasi harus tersedia di jaringan dengan fasilitas akses yang aman dari orang yang tidak berhak.
6. Kelengkapan : informasi harus lengkap sesuai dengan kebutuhan, apabila tidak lengkap tentu nilai dan kualitasnya kurang.
Ada beberapa peranan penting informasi bagi pimpinan dalam suatu organisasi, antara lain:
1. Meningkatkan kinerja organisasi melalui:
a. Peningkatan produktivitas
b. Pengurangan biaya
c. Peningkatan pengambilan keputusan
d. Peningkatan layanan ke pelanggan
e. Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis
2.  Mengaitkan perencanaan, pengerjaan, dan pengendalian dalam organisasi
3.  Mengkoordinasikan subsistem-subsistem dalam organisasi
4.  Mengintegrasikan subsistem-subsistem
Informasi tidak hanya dipakai untuk pimpinan dan kepentingan internal organisasi tetapi juga dipakai oleh pihak eksternal. Pemakai internal meliputi pimpinan, staf operasi dan manajemen tingkat bawah sedangkan pengguna eksternal bisa berupa para pelanggan, stakeholder, para pemasok barang dan jasa, para pemegang saham, dinas-dinas pemerintahan, dan sebagainya. Informasi merupakan bagian yang penting khususnya bagi pimpinan untuk mengambil keputusan sehingga trial and error dapat dikurangi sekecil mungkin.
C. Perkembangan Teknologi Informasi
Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi. Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET. Informasi yang disampaikan pun berkembang.
TI merupakan suatu bidang industri yang berkembang dengan begitu pesatnya pada tahun-tahun terakhir ini, dan akan terus berlangsung untuk tahun-tahun mendatang. Perkembangan industri dalam bidang TI ini membutuhkan suatu formalisasi yang lebih baik dan tepat mengenai pekerjaan, profesi berkaitan dengan keahlian di bidang TI. Perkembangan bidang Telematika dan Teknologi Informasi yang sangat pesat perlu diimbangi dengan penyiapan sumber daya manusia yang handal, untuk mengantisipasi persaingan global yang sudah semakin dekat.
Salah satu ciri khusus dari bidang ilmu Teknologi Informasi adalah fokus perhatian bidang ilmu tersebut yang lebih bersifat aplikatif. Bidang ilmu teknologi informasi lebih mengarah pada pengelolaan data dan informasi dalam sebuah enterprise (perusahaan atau organisasi kerja lainnya). Dengan pemanfaatan teknologi komputer dan komunikasi data serta lebih menekankan pada teknik pemanfaatan perangkat-perangkat yang ada untuk meningkatkan produktifitas kerja. Dalam perkembangannya sejalan dengan paradigma ekonomi baru, maka teknologi informasi menjadi senjata yang handal dalam meningkatkan komunikasi dan interaksi enterprise dengan stake holdernya.
Revolusi Informasi yang merupakan gabungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi telah merubah sumber kekayaan tidak lagi berupa materi seperti pada revolusi industri tetapi berupa informasi dan pengetahuan yang diterapkan pada pekerjaan untuk menciptakan suatu nilai. Barangsiapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia.
Perkembangan TI dalam 2 tahun belakangan ini banyak di monopoli oleh perangkat mobile, baik dari Barat atau dari Asia. Menggilanya perangkat tersebut bermula dari diciptakannya sistem operasi android  yang berbasis linux sebagai open source di mana setiap developer boleh mengembangkan sistem operasi tersebut. Para developer pun berlomba-lomba menghasilkan karyanya yang bagus untuk bisa dijual ke perusahaan-perusahaan yang mau menerima hasil karya mereka. Maka bermunculanlah perusahaan-perusahaan perangkat mobile baru yang menggunakan sistem operasi android. Bagaikan jamur, perusahaan perangkat mobile juga banyak berdatangan mulai dari low end sampai high end. Bahkan perusahaan electronic rumahan seperti Samsung, Sony, LG, dan lain-lain juga membuat perangkat mobile.
Tingginya pengguna perangkat mobile tersebut mendorong pengguna internet di Indonesia. Menurut http://www.internetworldstats.com - suatu badan survery pengguna internet international - Negara Indonesaia menjadi No 12 terbesar di Asia di bawah India. Mungkin jika masyarakat Indonesia sama dengan India, Indonesia bisa menjadi teratas.
Perkembangan teknologi informasi yang cepat membawa pola pikir serba instan di masyarakat. Pola pikir inilah yang akhirnya mengikat si user untuk menjadikan perangkat tersebut suatu kebutuhan hidup. Tingkah laku tersebut bukan hanya pada masyarakat tingkat atas, tapi masyarakat tingkat bawah pun sudah mejadikan teknologi sebagai suatu sarana untuk mencapai tujuan mereka. Dulu mungkin tidak ada anak sekolah tingkat dasar yang membawa Perangkat Mobile atau fasilitas obrol tanpa suara melalui perangkat mobile. Dengan menjamurnya perangkat mobile dan semakin terjangkau harga perangkat tersebut membuat perusahaan telekomunikasi makin mempromosikan paket produk yang mereka tawarkan. Masyarakat pun mulai diberikan tanyangan-tanyangan kemudahan tersebut. Pengaruh perkembangan teknologi informasi di dalam 2 tahun belakang ini membawa pada kebutuhan serba instan, bila tidak dipahami atau dicermati, teknologi informasi bisa menjadi candu bagi penggunanya.
Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak yang besar dalam perubahan kehidupan, ada yang beranggapan “Teknologi adalah suatu gagasan yang bisa memberikan kemudahan” atau “Teknologi diciptakan karena memang ada kebutuhan”. Perkembangan Teknologi dapat menjadi suatu masalah jika teknologi tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang hanya menggunakan teknologi sebagai sarana untuk mencapai tujuannya. Banyak praktek-praktek kejahatan yang juga menggunakan teknologi saat ini, dengan perangkat mobile seseorang dapat mempengaruhi lawan bicaranya untuk mentransfer uang ke rekening nya tanpa sadar bahwa uang kita di bank telah dikuras orang lawan bicara kita. Mungkin sekarang adalah makin maraknya pencurian pulsa atau sms penipuan atas nama orang tua atau orang yang benar kita kenal. Modus-modus tersebut membuat perkembangan Teknologi Informasi menjadi sia-sia, karena makin berkembangnya teknologi informasi makin berkembang juga cara-cara pengguna yang tidak bertanggung jawab menjalankan tujuannya.
D. Jenis-jenis Aplikasi Teknologi Informasi pada Perkantoran
Manajemen perkantoran adalah rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan hingga penyelenggaraan terhadap suatu hal berjalan tertib. Dalam perkantoran modern, segala kegiatan manajemen perkantoran dikerjakan dengan menggunakan alat-alat otomasi perkantoran, diantaranya adalah perangkat komputer dengan berbagai software yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan perkantoran, perangkat komunikasi yang memadai, kantor virtual, organisasi virtual, dan lain-lain.
Sistem informasi teknologi dibutuhkan dalam manajemen perkantoran modern dalam menjalankan aktifitasnya, yaitu untuk mencatat segala transaksi yang terjadi dalam kegiatan perkatoran tersebut. Selain itu juga untuk mengolah data-data transaksi tersebut sehingga menjadi informasi yang lebih berguna berbentuk laporan. Dari waktu ke waktu informasi mengalami perkembangan yang sangat cepat seiring dengan perkembangan ilmu teknologi informasi. Dengan berkembangnya teknologi informasi maka para pengguna informasi semakin mudah memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan, namun perkembangan tersebut harus di imbangi dengan perkembangan Sumber daya manusia dan didukung dengan media atau sarana informasi yang memadai.
Informasi dalam perkantoran merupakan informasi yang selalu bisa digunakan oleh pelaku atau personel yang beraktifitas di dalam kantor tersebut ataupun berupa informasi yang sifatnya untuk umum. Dengan berbagai macam jenis maupun tingkat pentingnya suatu informasi yang harus disampaikan antara sumber-sumber informasi dengan penerima informasi, maka perlu adaya pengaturan sistem didalam pengelolaan informasi tersebur, yang biasa disebut sebagai Sistem Informasi Manajemen Perkantoran. Sistem tersebut bejalan dan berkembang didalam perkantoran dan merupakan Sumber daya konseptual sangat penting untuk mendukung berlangsungnya aktifitas perkantoran.
Perlu diketahui apabila pada masa lalu penanganan informasi mengandalkan pada kertas, artinya semakin banyak informasi semakin banyak kertas dibutuhkan atau disimpan, sedangkan sekarang, hal itu beralih kepada “impulses” elektrik yang berukuran mini dengan kemampuan simpan lebih besar dibandingkan kertas; misalnya sekarang 1 buah flashdisk seukuran 8 GB akan dapat memuat ribuan buku atau tulisan di dalamnya. Meskipun softcopy sekarang sudah menjadi sesuatu yang lumrah dan ngetrend, namun tidak dapat dipungkiri bahwa peranan kertas akan tetap penting sebagai media penyajian informasi atau tukar menukar informasi antar manusia atau oragnisasi (sering diistilahkan sebagai “hardcopy”).
Kantor adalah tempat dan proses penanganan informasi. Dari pengertian ini dapat dipahami bahwa pekerjaan kantor adalah semua kegiatan yang bertalian dengan penanganan informasi yang berkaitan dengan bidang tugas dari kantor/instansi yang bersangkutan. Pengertian teknologi Informasi yang mudah dipahami adalah: “perolehan, pemprosesan, penyimpanan dan penyebaran informasi baik yang berbentuk angka, huruf, gambar, maupun suara dengan suatu alat electrinics berdasarkan kombinasi antara perhitungan (computing) dan komunikasi jarak jauh (telecomunications)”.
Ada tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu komputer, mikro elektronik, dan telekomunikasi.
1. Komputer, yakni mesin elektronik yang mampu untuk membuat kalkulasi dengan kapasitas yang besar dan sangat cepat.
2.  Mikro elektronik, yaitu rancang bangun (design) penerapan dan produksi dari peralatan elektronik yang berukuran sangat kecil, terdiri atas komponen-komponen yang rumit.
3.  Telekomunikasi adalah transmisi informasi melalui kabel atau gelombang radio.
Adanya kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap pekerjaan kantor. Pekerjaan kantor dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat. Di bawah ini dapat dilihat bagaimana teknologi informasi dapat membantu masing-masing pekerjaan kantor.
1.  Penanganan Surat dan Pembuatan Laporan
Dengan diciptakannya mikro komputer yang sekaligus dapat berfungsi sebagai word processor, maka dengan menggunakan komputer semacam ini penyelesaian surat-surat dan laporan sangat dipermudah, cepat, dan cermat.
Ada tiga jenis dasar word processor :
Word-processor yang berperan sendiri dalam hal ini sifat penggunaan word processor independen, dan hanya digunakan untuk pengolahan teks, terdiri atas keyboard, processor, memory, layar, dan printer.
Beberapa word processor digunakan secara bergabung sebagai suatu sistem, terdiri atas beberapa keyboard dan layarnya yang dihubungkan dengan komputer sentral yang berfungsi sebagai pusat pengolahan, penyimpanan dan pencetakan.
Beberapa micro computer dengan tujuan umum di mana digunakan program pengolahan kata (a word-processing program).
Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan word-processor :
Meningkatkan produktivitas dalam pengolahan dokumen, laporan atau surat, dan sebagainya.
Menambah kepuasan kerja
Meningkatkan kualitas dan konsistensi hasil akhir (output)
Menghemat tenaga
Mempermudah mengedit atau mengolah kalimat
Mempermudah memperoleh kembali data yang tersimpan
Kemampuan untuk mengintegrasikan wordprocessor dengan komputer - komputer lainnya.
Beberapa kerugian juga ada dalam penggunaan word-processor.
Memerlukan perubahan baik tata ruang fisik maupun prosedur kerja yang ada
Memerlukan pelatihan yang memadai
Menimbulkan gangguan pada mata karena terlalu banyak di muka layar
Mengurangi kesempatan kerja seperti pekerjaan kesekretariatan.
2.  Komunikasi Perkantoran
Komunikasi dapat diartikan sebagai proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain melalui saluran. Komunikasi merupakan sarana yang menghubungkan orang-orang dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Dengan pesatnya kemajuan teknologi modern, alat-alat komukasi beraneka-ragam, sarana komunikasi semakin canggih yang dikenal dengan telekomunikasi (telecommunication) berasal dari kata tele artinya pemindahan jarak jauh dan communication yang berarti hubungan. Dalam pengertian yang sederhana, telekomunikasi adalah cara penyampaian informasi jarak jauh melalui kabel/kawat listrik atau melalui gelombang radio. Telepon dan telegram merupakan telekomunikasi yang cukup tua.
Dengan kemajuan teknologi informasi, maka telekomunikasi makin dipermudah dan dipercepat. Informasi tidak saja dapat dikirimkan dalam bentuk kata-kata dan sandi-sandi seperti halnya dapat dilakukan melalui telepon dan telegram, tetapi dapat dikirim dalam bentuk tulisan, angka, maupun gambar. Berkat kemajuan teknologi informasi tersebut, sekarang jenis komunikasi yang termasuk ke dalam telekomunikasi makin bertambah jumlahnya.
3.  Pengiriman Surat
Setelah berkembangnya teknologi informasi yang diterapkan pada telekomunikasi, pengiriman surat, terutama pengiriman surat jarak jauh, dilakukan dengan pesawat elektronik, karena itu dikenal nama Pos Elektronik (Electronic Mail). Karakteristik utama dari electronic mail adalah transmisi informasi dari satu tempat ke tempat lain atau dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan metode elektronik penangkapan, pentransmisian, dan penyampaian informasi. Karena informasi disampaikan secara visual, maka teks aslinya tidak perlu dikirimkan. Yang termasuk ke dalam pos elektronik adalah teleks, faksimile, dan komunikasi antar komputer.
4.  Tata laksana Arsip/Filing
Komputer mikro sangat membantu dalam hal pelaksanaan pekerjaan mengarsip/filing warkat-warkat. Arsip yang semula berupa tumpukan kertas dan disimpan di gedung arsip, sekarang arsip dapat disimpan di dalam CD, flashdisk. Dengan demikian penyimpanan arsip sekarang beralih kepada penyimpanan dan pemeliharaan yang memerlukan tempat jauh lebih sedikit dari pada gudang arsip dalam bentuk kertas.
Dalam memperkirakan pengaruh teknologi informasi terhadap perkantoran ada beberapa perspektif (harapan) yang perlu dipertimbangkan:
1.  Implikasi umum (aspek sosial, ekonomi, dan sebagainya)
Investasi di bidang teknologi mungkin akan menimbulkan persoalan-persoalan seperti kebosanan, keterampilan berulang-ulang yang digunakan, serta kehilangan kepuasan kerja.
Pekerjaan perkantoran akan banyak mengalami perubahan.
Pekerjaan-pekerjaan yang bersifat rutin cenderung diambil alih oleh mesin.
Proses dan pengiriman informasi akan semakin cepat.
Pekerjaan rutin kantor akan lebih efektif.
Keluwesan pelayanan perkantoran dimungkinkan karena ditunjang oleh berbagai variasi peralatan yang tersedia.
Komunikasi bisnis internasional akan dilakukan oleh kantor-kantor kecil sekalipun.
2.  Implikasi terhadap karyawan kantor
a.  Keuntungan:
· Mendorong untuk belajar keterampilan baru.
· Pekerjaan-pekerjaan yang menjemukan dapat dialihkan ke mesin- mesin.
· Lebih mempermudah dan mempercepat penanganan informasi.
· Lebih mudah dan cepat dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan.
· Bertambahnya kesempatan dalam bidang pemeliharaan peralatan
   elektronik, programmer dan rekayasa software .
· Kesempatan untuk memperpendek hari kerja setiap minggu.
· Lebih sedikit pekerjaan
b.  Kerugian:
· Cenderung karyawan menjadi “ machine-minders ”.
· Masalah kesehatan sebagai ekses dari peralatan seperti layar, printer, dan sebagainya.
· Kehilangan kontak personal, karena penyampaian informasi dilakukan oleh mesin.
· Implikasi terhadap pemberi kerja.
· Memerlukan waktu untuk perubahan dari sistem manual ke sistem elektronik.
· Menimbulkan keresahan pada sementara karyawan pada tahap penerapan.
· Tidak seluruh software yang tersedia pasti sepenuhnya memenuhi kebutuhan.
Jadi secara keseluruhan keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan atau kantor dengan adanya teknologi perkantoran adalah :
1. Penghematan biaya untuk gaji karena berkurangnya pegawai yang dibutuhkan.
2. Harga teknologi baru ini relatif murah.
3. Penghematan biaya ketatausahaan sebagai akibat penyimpangan data di-disk tidak
     memerlukan ruang seluas filing cabinet.
4. Untuk pengambilan keputusan, data dapat diperoleh, diproses, disimpan, dan dicari secara cepat.
5.  Produktivitas meningkat secara cepat.
6. Keluwesan dalam bekerja karena adanya berbagai variasi peralatan untuk berbagai keperluan.
7. Meningkatnya komunikasi antara para eksekutif secara individual dari kantornya.
Perangkat lunak aplikasi merupakan program yang dipakai untuk bidang tertentu. Aplikasi dibagi atas beberapa bidang, antara lain :
1. Aplikasi perkantoran dan bisnis. Dipergunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor,seperti mengetik (word processing, manajemen dokumen), membuat tabel kerja,membuat database sederhana ataupun mengolah gambar sederhana. Contoh aplikasi perkantoran yang terpaket: Microsoft office, Koffice, StarOffice, Abiword, Open Office, MS-Office for MAC dan lain sebagainya. Aplikasi bisnis lainnya juga meliputi aplikasi pengolah data keuangan misalnya (personal finance application,business account application). Contoh: aplikasi perhitungan neraca rugi laba perusahaan. Aplikasi perhitungan pajak personal dan perusahaan, aplikasi manajemen proyek, aplikasi persediaan stok barang dan penjualan, aplikasi pelayanan loket dan kredit nasabah bank, aplikasi pemesanan tiket pesawat/kapal laut dan lain - lain.
2. Aplikasi Database. Digunakan dalam pengolahan data baik yang berukuran kecil maupun besar bisa digunakan secara stand alone/tunggal maupun dalam sistem berbasis jaringan lokal client server maupun webbase (intranet maupun internet).Contoh : MS SQL, FoxBase, Oracle, MySQL, PostgresSQL, SQL Server.
3. Aplikasi desain grafis.digunakan untuk membuat sketsa dua dimensi untuk desain ruangan, perabotan, mesin model industri,juga model tubuh manusia. Contoh : AutoCAD, Pro Design, CorelDraw, Adobe Ilustrator.Ada juga dalam golongan ini aplikasi image, audio, video manipulator, yaitu digunakan untuk mengolah citra, suara hingga gambar 3 dimensi untuk pembuatan animasi, pengolahan image, foto , audio, video editing. Contoh : Adobe photoshop, after effect, premiere, audition,coreldraw, corel rave, corel photopaint, ulead media studio, gimp, cool edit pro,sound force, adobe flash,director, 3D studio max,Maya.
4. Antivirus dan utility tools.digunakan untuk operasi minor (background) yang bekerja dibelakang sistem,berguna untuk meningkatkan kinerja sistem operasi atau aplikasi dan juga performa hardware.Terdapat 2 jenis utilitas didalam sistem operasi ; utilitas internal: sudah termasuk dalam paket installasi dalam sistem operasi seperti scandisk di windows atau fsck (file system check) di OS linux, dan utilitas eksternal : seperti system optimizer,PC tools, data/ file recovery,PC maintenance, Internet utilities, Norton system work, Registry clean and repair, hardware repair.Sementar untuk proteksi virus, contohnya adalah Mc Affe, Grisoft, Norton, kaspersky, AVG.
5. Development tools.Merupakan sistem bahasa pemrograman komputer yang dilengkapi dengan kompiler tertentu sebagai media penyusunan program aplikasi.Contoh : Quickbase,clipper,visual basic,turbo pascal, visual C++,phton,java.Termasuk dalam aplikasi ini adalah web development tools yang digunakan untuk membuat atau mendesain tampilan website di internet seperti aplikasi dreamweaver.
6. Aplikasi komunikasi.digunakan untuk membangun komunikasi antara satu komputer dengan komputer lain dalam jaringan lokal maupun global.contoh : aplikasi email dan fax, remote acces, YM,ICQ,MSN terminal emulation, instant messaging, voice recognition, web browser.
7. Jenis aplikasi lain.Multimedia player : seperti winamp,powerdvd, windows media player. Aplikasi jaringan dan keamanan : firewall, intruder detections, network monitoring.Aplikasi games PC.
F. Manfaat Teknologi Informasi Berbasis Internet bagi Perkantoran
Pada umumnya Internet digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia dan sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang(bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain:
Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain : email, NewsGroup, www, FTP. Dll
Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur.
Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan pemesanan produk.
Komunikasi interaktif, meliputi : email, dukungan pelanggan dengan www, video,conferencing, internet relay chat, internet phone.
Sebagai alat untuk research dan development.
Pertukaran data
Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanyak 60 juta orang,
Butuh 30 tahun untuk radio
Butuh 15 tahun untuk televisi, dan
Hanya Butuh 3 tahun untuk web dengan aplikasi: mail,WWW, NewsGroup FTP Gopher dan lain-lain
Kalau dilihat dari fakta demikian, tentu Kegunaan Internet semakin berkembang dalam memenuhi tuntutan para penggunanya yang mencakup media online, transportasi, transaksi, dan lain sebagainya.
Dalam bidang perkantoran sangat banyak dibutuhkan aplikasi yang menunjang pekerjaan yang dilakukan dalam perkantoran. Mulai dari membuat proposal, presentasi, menampilkan laporan pada klien, share document, dan masih banyak lagi. Apalagi sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jual beli, iklan yang sangat membutuhkan banyak aplikasi. Namun jika hanya aplikasi offline saja rasanya kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan perkantoran. Apalagi banyak aplikasi yang harus berbayar dan menuntut perusahaan untuk mengeluarkan modal yang banyak. Meskipun ada yang tidak berbayar tetap saja itu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan perkantoran. Oleh karena itu, di bidang perkantoran mulai dan sudah banyak menggunakan aplikasi perkantoran berbasis internet. Aplikasi internet untuk perkantoran ini juga sangat menguntungkan dalam berbagai hal. Layanannya gratis, mudah untuk membagikan pada pihak yang terkait, menghemat biaya, mengurangi jumlah pemakaian kertas, karena saat ini perusahaan dituntut untuk tidak banyak mengeluarkan kertas, dan masih banyak lagi keuntungan yang didapat saat menggunakan aplikasi internet untuk perkantoran.
Banyak sekali jenis-jenis aplikasi internet untuk perkantoran mulai dari yang gratis hingga berbayar. Dan dibawah ini akan dijelaskan beberapa aplikasi internet untuk perkantoran yang sangat bermanfaat untuk kriteria hemat biaya, tenaga, kertas dan lain-lain. Aplikasi internet untuk perkantoran yang akan dijelaskan adalah sebagai berikut:
Google Drive atau Google Document
Google merupakan nama yang sudah tidak asing bagi siapa pun apalagi pengguna setia internet. Selain dikenal sebagai search engine, Google juga dikenal salah satunya karena layanan yang ada dalam emailnya yaitu Google Drive atau Google Document. Google Drive adalah layanan yang disediakan secara otomatis jika kita menggunakan email dari google, atau kita pun bisa menginstallnya secara Online melalui Google Chrome. Fitur yang ada dalam Google Drive atau document ini banyak dan menarik. Layaknya aplikasi office, google Drive ini juga menyediakan aplikasi office seperti aplikasi pengolah kata, spreadsheet, presentasi, membuat formulir, membuat kuesioner, dan lain-lain. Meskipun sebuah perkantoran tidak memiliki aplikasi office, asalkan memiliki koneksi internet maka bisa menggunakan aplikasi Office secara gratis dari google. Selain itu, dokumen yang kita buat pada google document bisa di edit secara bersamaan secara real time. Misalnya ada dua orang atau lebih pegawai perusahaan yang diberi tugas oleh atasannya membuat laporan. Tapi salah satu dari mereka ada yang sedang bertugas diluar kota tapi laporan tetap harus diserahkan pada waktu yang tepat kepada bos mereka. Jika menggunakan google document meskipun salah satu mereka berada di belahan dunia manapun tetap bisa melakukan pekerjaan secara real time misalnya saat mengedit laporan tersebut, tentunya harus ada koneksi internet untuk menghubungkan ketiganya. Karena kelebihan itu, akan sangat memudahkan dan menguntungkan bagi para pegawai tersebut mengerjakan laporan dengan tepat waktu meskipun salah satu dari mereka sedang berada di tempat yang jauh sekalipun dan terkoneksi dengan internet. Selain itu, document yang dibuat digoogle document bisa langsung di sharing kepada siapapun yang diinginkan, atau di sharing ke komunitas perusahaan tersebut secara cepat dan mudah tentu saja sangat memerlukan koneksi internet.
Google Calendar
        Google calendar merupakan salah satu aplikasi yang disediakan google. Fungsinya untuk membuat agenda atau jadwal yang harus dilaksanakan. Misalnya sebuah perusahaan dengan karyawan yang banyak mempunyai sebuah komunitas di google dan semua karyawannya dapat menggunakan google calendar. Maka untuk setiap jadwal rapat, pertemuan dengan klien, atau jadwal proyek dan lain-lain bisa dimasukkan dalam google calendar dan dishare kepada seluruh pegawainya. Selain itu, meskipun para pegawainya tidak sedang terkoneksi dengan internet, para pegawai bisa diingatkan secara langsung oleh google calendar mengenai jadwal yang ditentukan pada hari tertentu dengan cara memasukkan nomor handphonenya ke google calendar. Dan secara otomatis akan terkirim ke para pegawainya. Hal ini akan semakin memudahkan interaksi dan mengingatkan jika ada event-event khusus.
Billing Boss
      Billing Boss merupakan sebuah situs online untuk pembuatan invoice online atau e-billing. Invoice adalah surat tagihan untuk para konsumen yang belum membayar tagihan. Jika sebuah perusahaan harus membuat invoice-nya sendiri buntu 10.000 konsumennya maka akan menghabiskan waktu yang sangat banyak dan butuh tenaga ekstra juga biaya yang banyak. Tapi jika menggunakan Billing Boss ini, sebuah perusahaan dengan mudah akan mencatat apapun transaksi yang dilakukan dengan konsumennya. Jika ada konsumen yang belum membayar tagihan maka dengan mudah kita bisa mengirimkan surat tagihan atau invoice ini secara online kepada konsumen tersebut. Jadi tidak perlu mengirim surat tagihan via pos atau sejenisnya, kita tinggal lihat saja diskus itu dan membuat surat tagihan dan mengirimkan surat tagihan tersebut kepada konsumen secara digital melaui email. Selain itu Billing Boss ini juga menyediakan pembukuan online untuk transaksi keuangan. Dan data yang ada dalam billing boss bisa dishare kepada atasan perusahaan itu untuk laporan keuangan, tentu saja Ike yang tersimpan pada billing boss ini sangat terjamin kerahasiaannya. Bagi perusahaan baru yang ingin menggunakan billing boss ini dana masih belum percaya maka akan disediakan Free trial untuk menggunakan billing bos selama 30 hari.
Bidsketch
          Bidsketch adalah sebuah situs yang menyediakan layanan membuat proposal secara Online dengan cepat. Proposal merupakan hal yang penting ala perusahaan, dan tidak mudah untuk membuat proposal dengan baik, detail, dan benar. Maka agar lebih mudah gunakanlah Bidsketch yang menyediakan jasa pembuatan proposal Online. Dengan menggunakan Bidsketch juga kita bisa menghemat penggunaan kertas karena pembuatan proposalnya pun berbentuk digital.
Banyak sekali aplikasi internet untuk perkantoran yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan di bidang perkantoran. Fungsinya tidak kalah dengan aplikasi yang tidak berbasis internet. Alternatif menggunakan aplikasi internet untuk perkantoran ini menurut saya sangat menguntungkan. Selain menghemat biaya, tenaga, juga menghemat penggunaan kertas di bidang perkantoran. Dengan semua penghematan ini sebuah perusahaan yang menggunakan aplikasi untuk perkantoran akan semakin efisien dalam mengerjakan suatu hal dan semakin banyak keuntungan yang didapat karena biaya yang tadinya digunakan untuk membeli sebuah aplikasi perkantoran bisa digunakan untuk keperluan yang lain. Selain itu dengan adanya aplikasi internet untuk perkantoran disebuah perusahaan akan semakin memudahkan interaksi antara pegawai dan pegawai atau pegawai dan atasan saat salah satunya berada di suatu tempat yang jauh. Karena dengan koneksi internet dan aplikasi yang tersedia meskipun berada di tempat yang jauh tetap tidak ada hambatan untuk melakukan komunikasi. Selain itu, pengoperasian aplikasi internet untuk perkantoran terbilang sangat mudah dan mudah dipelajari karena sebagian hampir mirip dengan aplikasi biasa dalam perkantoran jadi tidak perlu sulit meskipun seorang pegawai yang baru pertama menggunakannya.
A. Manfaat Penggunaan Multimedia Pembelajaran
Manfaat multimedia di dalam proses pembelajaran secara umum adalah dapat  menciptakan suasana interaktif pada siswa, meningkatkan kualitas belajar, meningkatkan daya tarik, kemauan, imajinasi siswa pada mata pelajaran yang rumit, dan proses pemahaman serta pendalaman materi menjadi lebih cepat dan efektif.
Berikut adalah  faktor-faktor  keunggulan multimedia sebagai alat pembelajaran :
Dapat menampilkan secara visual baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro organisme, sel dan lain-lain.
Dapat menampilkan secara visual dan audio dalam bentuk  animasi, gambar atau video sebuah objek yang besar dan jauh seperti hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan lain-lain) dan benda luar angkasa (planet,satelit).
Dapat menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  kompleks,  rumit  dan  berlangsung  cepat atau  lambat,  seperti  sistem  tubuh  manusia,  bekerjanya  suatu   mesin, beredarnya  planet  Mars,  berkembangnya  bunga  dan lain-lain.
Dapat menyajikan bentuk animasi dan simulasi dari  benda  atau  peristiwa  yang  berbahaya,  seperti  bencana alam (gempa, gunung berapi) dan peristiwa perang.
Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke dunia nyata cukup mahal.
B. Karakteristik dan Fungsi Multimedia Pembelajaran
Karakteristik  multimedia  pembelajaran  adalah:
Memiliki  lebih  dari  satu elemen multimedia  yang  konvergen, misalnya  menggabungkan elemen  teks, grafik dan audio.
Bersifat  interaktif,  dalam  pengertian  memiliki  kemampuan  untuk mengakomodasi  respon  pengguna.
Bersifat  mandiri,  dalam  pengertian  memberi  kemudahan  dan  kelengkapan  isi sedemikian  rupa  sehingga  pengguna  bisa  menggunakan  tanpa  bimbingan  oran lain.
Selain  memenuhi  ketiga  karakteristik  tersebut,  multimedia  pembelajaran  sebaiknya memiliki  fungsi-fungsi  sebagai  berikut:
Mampu  merangsang  respon siswa agar lebih kuat, cepat dan cerdas.
Mampu  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengontrol  laju kecepatan  belajarnya  sendiri.
 Memperhatikan  bahwa  siswa  mengikuti  suatu  urutan  yang  koheren  dan terkendalikan.
Mampu  memberikan  kesempatan  pada siswa untuk memberikan respon baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain-lain.
Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menarik dan imajinatif maka siswa akan lebih mudah mengerti, mengingat dan memahami pelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa akan lebih cepat dalam menerima materi apabila tercipta suasana yang menyenangkan karena suatu yang menyenangkan akan selalu diingat dan disimpan di memori seseorang.
C. Fungsi Element Multimedia dalam Dunia Pendidikan
1. Teks
Bentuk teks sangat efektif untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan secara verbal, merangsang daya kognitif. Biasanya teks dikombinasikan dengan gambar membentuk suatu tutorial. Tutorial memberikan materi selayaknya guru atau dosen yang berisikan materi, konsep dan pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
2. Audio
Audio sangat baik dalam memberikan motivasi dan materi yang bersifat mendidik. Pada dasarnya siswa cenderung lebih cepat menerima pelajaran dari bentuk suara dibanding bacaan. Audio sangat efektif untuk memancing perhatian, menumbuhkan daya imajinasi dan menambah atau membentuk suasana jadi hidup.
3.Grafis dan Gambar
Bentuk gambar dan grafik lebih mudah dalam mengklasifikasi dan  mengidentifikasi objek. Gambar  membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret. 
4. Animasi
Dengan animasi , siswa dalam belajar materi yang rumit menjadi lebih mudah dipahami dan dibayangkan. Animasi biasa berbentuk simulasi, eksperiment atau prosedur. Dengan animasi , siswa mudah mengerti dan memahami suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti proses pembelahan sel, proses kimiawi dan lain-lainnya.
5. Video
Melalui video , siswa mampu mempelajari keadaan riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian. Siswa dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video disampaikan melalui media seperti televisi. Video mampu  menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
D. Keuntungan Multimedia Bidang Pendidikan
Materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit dannyata, sehingga mudah dimengerti dan dipahami siswa dan pengajar.
Multimedia dapat mengatasi kendala ruang dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di rumah sama persis dengan yang dibahas dalam kelompok.
Materi pelajaran yang disajikan akan memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa karena proses balajar yang menarik dan menyenangkan.
Multimedia dapat menciptakan suasana yang interaktif baik antar siswa maupun siswa dengan guru atau pengajar.
Pengunaan multimedia yang tepat akan dapat merangsang berbagai macam perkembangan kecerdasan pada siswa lebih dini.

Monday, January 7



KATA PENGANTAR

  Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang perangkat keras.
Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada teman teman dan dosen yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
 Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah  ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah tentang Pocessor, Motherboard dan VGA, berguna dan bermanfaatnya untuk masyarakan dan dapat memberikan motivasi maupun inpirasi terhadap pembaca.
  
                                                                                                          BEKASI, 07 Januari 2019
                                                                                                     
  
                                                                                                          penulis




DAFTAR ISI

    Bab I Pendahuluan
A.    Latar Belakang…………………………………………… 3
B.    Tujuan Makalah……………………………………………3
C.    Rumusan Masalah…………………………………………3
    Bab II Pembahasan
A.    Pembahasan tentang teori…………………………………4
1.    Sejarah computer…………………………………………  4
2.    Bagian-bagian dari PC…………………………………... 10
3.    Pengetahuan dasar Troubleshooting…………………….. 16
B.    Pembahasan tentang analisis……………………………   17
    Bab III Penutup
A.    Kesimpulan………………………………………………  18
B.    Saran ……………………………………………………    18
C.    Daftar Pustaka……………………………………………   19




Bab I
Pendahuluan



A. Latar Belakang

      Mata pelajaran Perawatan PC perlu diberikan kepada semua siswa untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir yang kreatif serta kemampuan bekerja sama. Dalam pembelajaran Perawatan PC kita dituntut untuk bisa merawat sebuah PC dengan baik dan benar. Tentunya, bahan ajar kita harus lebih mudah dimengerti. Proses merawat sebuah PC bukanlah suatu hal yang mudah. Perawatan PC merupakan proses interaksi yang melibatkan kita dengan benda elektronik. Proses kegiatan tersebut memerlukan adanya ketelitian agar perawatan berlangsung dengan mulus.

B. Tujuan makalah

       Makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca, khususnya para siswa SMK/sederajat agar nantinya mudah dalam proses pembelajaran dalam bidang Perawatan PC yang baik dan benar.

C. Rumusan masalah

1.    Bagaimana sejarah tentang computer?
2.    Apa saja bagian-bagian dari sebuah PC?
3.    Bagaimana hasil analisis pada computer?


Bab II
Pembahasan


A.    Pembahasan tentang teori: 1. Sejarah Komputer
                                                   2. Bagian-bagian dari PC
                                                   3. Pengetahuan dasar Troublesshoting
A.1. Sejarah Komputer
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana,
dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga
tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan secara
otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data.
    Alat hitung tradisional dan Kalkulator Mekanik Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya. Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
     Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini,merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan. Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar- gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik
   Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871).
     Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi.
Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama.
    Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880
membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus
   Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualny ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembac kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960. Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890- 1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.
  Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan. Komputer generasi pertama. Dengan terjadinya Perang        Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir. Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain.
   Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
   Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, computer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.





A.2.Bagian-bagian dari PC
    Mungkin banyak dari kita belum mengerti bagian-bagian komputer dan fungsinya, sedikit informasi tentang sekilas komponen dan fungsi-fungsi bagian komputer beserta keterangan singkat dan gambar komponen komputer yang mungkin dapat menambah wawasan tentang ilmu komputer kita.
     1. VGA CARD
VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
Seperti apa bentuk VGA card tersebut? Silakan amati gambar dibawah ini.
 
  

Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.
    VGA card yang terlihat diatas merupakan VGA tambahan, bukan on board (tidak menyatu dengan motherboard). Keuntungan VGA card non on board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer kita.
      2. CASING
Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak-atik casing ini. Selain sebagai pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah. Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain. Sebagai pelindung, casing bermanfaat melindungi bagian dalamnya dari kotoran atau debu, dari benturan dengan benda lain, sehingga bagian-bagian yang vital akan aman dan tidak cepat rusak. Selain fungsi primernya tersebut, casing juga dapat tampil dengan berbagai macam warna dan bentuk yang sesuai dengan keinginan kita. Tentu saja casing hasil modifikasi ini harganya lebih mahal. 

Yang terpenting dalam pemilihan casing adalah fungsi utamanya. Sehingga komputer kita berada dalam keadaan yang aman dan terlindungi.
       3. POWER SUPPLY
Masih bagian dalam komputer, yang tersimpan dalam CPU yaitu power supply. Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Bagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard. Tentu saja listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Sedangkan di power supply itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dilarang keras menyentuhnya.
       4. PROCESSOR
Tulisan ini lanjutan dari sebelumnya yang membahas isi dari CPU. Kemarin sudah membahas mengenai motherboard, kali ini kita akan membahas processor. Apa sih processor itu? Bagaimana bentuknya? Fungsinya buat apa?
Dibawah ini akan coba dijelaskan apa itu processor. Processor merupakan bagian yang sangat penting dari komputer. Ia bisa diibaratkan sebagai otaknya komputer. Yaitu suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.
Bagaimana sih bentuknya? Coba lihat gambarnya berikut ini.

 
Itu adalah gambar processor yang terbaru, baik dari Intel maupun AMD.
        5. MOTHERBOARD
Tulisan ini bagi yang ingin mengenal isi CPU, diantaranya motherboard atau mainboard. Merupakan bagian induk atau utama yang berada dalam CPU. Berfungsi sebagai papan circuit dari berbagai macam komponen pendukung lainnya.
Seperti apa sih bentuk motherboard tersebut? Di bawah ini adalah contoh gambar motherboard 

“Gigabyte GA-MA69GM-S2H”.
Anda lihat bagian yang berwarna-warni itu?
Itu merupakan tempat dudukan untuk memasang card-card yang diperlukan, seperti VGA card, memory card, TV Tuner, Video card, dan lain-lain.
     6. KEYBOARD Dan MOUSE 
Nah, ini bagian inputnya yang terdiri dari keyboard dan mouse. Tahun 1990-an input device hanya berupa keyboard saja. Perkembangan selanjutnya mulai muncul mouse, pen (berbentuk pulpen). Saat ini sudah ada yang input device berupa sentuhan jari (touch screen) dan suara (kalima perintah). Yang umumnya dipakai untuk komputer rumahan adalah keyboard dan mouse. Fungsinya tentu saja untuk memasukan data.
     7. Monitor
Yang terakhir yaitu monitor, output sementara, karena hanya tampak buat sementara saja di layar. Fungsinya untuk melihat hasil input ataupun program yang sedang aktif.


Infocus / Proyektor
Bagian Bagian Perangkat Komputer ( Input Dan Output )
Fungsi infocus adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan.Printer
Bagian Bagian Perangkat Komputer ( Input Dan Output )
 Fungsi Printer sendiri berguna untuk membuat salinan / menghasilkan cetakan pada data yang di buat.Speaker
Bagian Bagian Perangkat Komputer ( Input Dan Output )
Pengeras suara (bahasa Inggris: loud speaker atau speaker) adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.


A.3.Pengetahuan dasar Troubleshooting
Troubleshooting adalah sebuah bentuk pemecahan masalah pada suatu sistem yang sedang mengalami gangguan yaitu dengan mencari sumber yang menjadi penyebab masalah tersebut dan kemudian mencari pemecahan atas permasalahan yang terjadi sehingga sistem tersebut bisa beroperasi kembali secara normal. Troubleshooting diperlukan pada pengembangan dan pemeliharaan sistem yang kompleks dimana gejala yang menyebabkan terjadinya gangguan bisa memiliki banyak kemungkinan penyebab. Troubleshooting telah digunakan pada banyak bidang seperti pada bidang sistem administrasi, elektronika, sistem komputer, reparasi otomotif hingga diagnosa pada bidang medis.
          Troubleshooting diperlukan pada identifikasi terjadinya penyimpangan atau gejala-gejalanya dalam sebuah sistem. Pengalaman biasanya digunakan untuk menguraikan kemungkinan penyebab yang menimbulkan gejala-gejala penyimpangan. Menentukan penyebab adalah dengan melakukan proses eleminasi penyebab sehingga ditemukan penyebab yang paling mungkin pada suatu gangguan. Terakhir, troubleshooting akan memerlukan konfirmasi atas solusi yang digunakan untuk mengembalikan kondisi sistem ke keadaan semula. Secara umum, troubleshooting adalah identifikasi atau diagnosa terhadap penyebab gangguan yang terjadi di dalam sebuah sistem. Gangguan di inisialisasi dari gejala-gejala yang menyebabkan penyimpangan operasi sistem dan troubleshooting adalah proses menentukan penyebab dari gejala-gejala ini.
          Sebuah sistem bisa diuraikan ke dalam batasan-batasan perilaku yang telah ditetapkan. Kejadian atau input yang diberikan ke dalam sistem diharapkan memberikan hasil atau output yang spesifik seperti yang diinginkan. Sebagai contoh adalah ketika anda ingin mencetak pada printer dari komputer anda. Tentu anda ingin menghasilkan cetakan pada kertas dari printer anda. Tetapi bila ada gejala-gejala terjadinya gangguan maka printer anda tidak bisa mencetak atau akan menghasilkan cetakan yang amburadul. Terjadinya perilaku yang menyimpang merupakan gejala-gejala terjadinya gangguan pada sistem. Troubleshooting adalah proses mengisolasi penyebab terjadinya gangguan dan kemudian memberikan solusi untuk mengatasi gangguan tersebut.
B.Pembahasan tentang Analisis computer
            Pada computer 1, 2, 3, 4, 5, 6, 9, 10, 13, dan  14 tidak ada suatu permasalahan yang terdeteksi.
Pada computer 7 dan 16 permasalahan yang terdeteksi adalah CPU suka merestart tiba-tiba atau mendadak. Analisa yang diduga Mainboard, RAM, Chipset, dan perangkat tambahan kotor. Solusinya hanyalah membersihkan perangkat yang kotor tersebut dan perangkat tambahan seperti hard disk.
Pada computer 11 permasalahan yang terdeteksi adalah CPU ketika di power on menyala akan tetapi tidak lama kemudian hang atau tidak merespon sama sekali. Analisa yang diduga Colling fan untuk pendingin prosessor mati. Solusi seperti ini perlu dilakukan penggantian  colling fan pendingin prosessor dengan yang masih baik.
Pada computer 17 dan 18 permasalahan yang terdeteksi adalah CPU menyala akan tetapi monitor tidak mau menyala, dan menyampaiakan pesan No signal, padahal kabel sudah terkoneksi ke port VGA. Analisa yang diduga kabel yang menghubungkan ke port VGA rusak atau agak terputus. Solusinya yaitu membongkar monitor dan mengganti kabel yang menghubungkan VGA dengan yang masih baik.
Pada computer 12, 15, 19, dan 20 permasalahan yang terdeteksi ketika di power on tidaka ada respons dari CPU akan tetapi monitor menyala. CPU mati total, lampu led yang ada di mainboard mati dan colling fan mati. Analisa yang diduga mainboard rusak atau mati. Solusi pada computer ini yaitu dengan mengganti mainboard yang mati dengan yang hidup, tetapi disesuaikan dengan prosessor yang ia pakai.

Bab III
Penutup

A.     Kesimpulan
    Kesimpulan makalah ini adalah sejarah tentang perkembangan computer yang terdiri dari empat golongan besar, yaitu :
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana,
dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga
tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan secara
otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data.
  Bagian-bagian computer yang meliputi VGA card, casing, power supply, processor, motherboard, keyboard, mouse, dan monitor. Analisa dari sebagian computer tidaklah terlalu parah, meskipun ada sebagian yang rusak. Mungkin karena pemakaian siswa yang kurang baik.

B.    Saran
   Dengan makalah ini saya harap para pembaca bisa mengenal PC (Personal computer) dan memahami arti dari sebuah merawat PC (Personal Computer). Tetap teliti, terampil, dan hasil yang memuaskan. Tentu tidak semua orang langsung bisa mengerti. Namun, kita sebagai manusia haruslah belajar jika menginginkan suatu perubahan yang lebih baik untuk menjelang hari esok yang akan datang.

Daftar Pustaka

Buku Bahasa Indonesia,2012. Kata pengantar. Kelas XI  SMK/MAK.
Biaswara, Renneta. 2012. Kesimpulan dan saran. Sumber Sari.
Kelompok 2, 2012. Pembahasan Analisis Komputer di Laboratorium SMK Muhammadiyah 1 PPU. Babulu darat.
WWW.sejarahkomputer.com
WWW.bagian-bagiandariPC.com
WWW.pengetahuandasartroubleshooting.com

googe ads