KATA
PENGANTAR
Dengan menyebut nama
Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji
syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan
inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang perangkat
keras.
Makalah ini telah kami
susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga
dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak
terima kasih kepada teman teman dan dosen yang telah berkontribusi dalam
pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua
itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi
susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka
kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki
makalah ini.
Akhir kata kami
berharap semoga makalah tentang Pocessor, Motherboard dan VGA, berguna dan
bermanfaatnya untuk masyarakan dan dapat memberikan motivasi maupun inpirasi
terhadap pembaca.
BEKASI, 07 Januari 2019
penulis
DAFTAR ISI
• Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang…………………………………………… 3
B. Tujuan Makalah……………………………………………3
C. Rumusan Masalah…………………………………………3
• Bab II Pembahasan
A. Pembahasan tentang teori…………………………………4
1. Sejarah computer………………………………………… 4
2. Bagian-bagian dari PC…………………………………... 10
3. Pengetahuan dasar Troubleshooting……………………..
16
B. Pembahasan tentang analisis…………………………… 17
• Bab III Penutup
A. Kesimpulan……………………………………………… 18
B. Saran …………………………………………………… 18
C. Daftar Pustaka…………………………………………… 19
Bab I
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Mata pelajaran Perawatan PC perlu
diberikan kepada semua siswa untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir
yang kreatif serta kemampuan bekerja sama. Dalam pembelajaran Perawatan PC kita
dituntut untuk bisa merawat sebuah PC dengan baik dan benar. Tentunya, bahan
ajar kita harus lebih mudah dimengerti. Proses merawat sebuah PC bukanlah suatu
hal yang mudah. Perawatan PC merupakan proses interaksi yang melibatkan kita
dengan benda elektronik. Proses kegiatan tersebut memerlukan adanya ketelitian
agar perawatan berlangsung dengan mulus.
B.
Tujuan makalah
Makalah ini bertujuan untuk menambah
wawasan para pembaca, khususnya para siswa SMK/sederajat agar nantinya mudah
dalam proses pembelajaran dalam bidang Perawatan PC yang baik dan benar.
C.
Rumusan masalah
1. Bagaimana sejarah tentang computer?
2. Apa saja bagian-bagian dari sebuah PC?
3. Bagaimana hasil analisis pada computer?
Bab II
Pembahasan
A. Pembahasan tentang teori: 1. Sejarah
Komputer
2. Bagian-bagian dari PC
3. Pengetahuan dasar Troublesshoting
A.1.
Sejarah Komputer
Sejak
dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga
menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam
penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari
penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun
elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap
aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan
yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem
komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral
telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan
internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat
pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke
dalam 4 golongan besar.
1.
Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana,
dan
faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga
tangan
manusia
2.
Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan
dengan tangan secara manual
3.
Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan secara
otomatis
oleh motor elektronik
4.
Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Tulisan
ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa,
terutama alat pengolah data.
Alat hitung tradisional dan Kalkulator
Mekanik Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan
masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal
mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan
perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para
pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.
Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus
kehilangan popularitasnya. Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam
hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada
waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda
numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan
perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan
Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan
hingga delapan digit. Alat ini,merupakan alat penghitung bilangan berbasis
sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von
Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar- gambar
yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada
tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar
menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator
mekanik
Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan
yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian. Dengan kemampuannya,
arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan
Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. Awal
mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika
Inggris, Charles Babbage (1791-1871).
Tahun 1812, Babbage memperhatikan
kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik
dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang
matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu.
Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai
alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk
menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin
untuk melakukan perhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan
Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat
menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara
otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun,
Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose
yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King
(1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu
merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan
mengkomunikasikan spesifikasi.
Anlytical
Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini
memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga
membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama.
Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan
Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai
penghormatan kepadanya. Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai
dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa
kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah
komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari
sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan
kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi
mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip
kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan
cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika
Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880
membutuhkan
waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya
populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun
untuk menyelesaikan perhitungan sensus
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk
memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik.
Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat
tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain
memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai
media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara
drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualny ke
masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang
kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami
beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga
memproduksi alat pembac kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi
digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk permrosesan data hingga
tahun 1960. Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru
lainnya. Vannevar Bush (1890- 1974) membuat sebuah kalkulator untuk
menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat
menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit
oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan
gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903,
John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang
menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.
Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja
George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa
setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan
mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk
terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di
tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
Komputer generasi pertama. Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang
terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk
mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan
pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah
komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pihak sekutu
juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943,
pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan
dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna
(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia.
Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah
perang berakhir. Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu
menghasilkan suatu kemajuan lain.
Howard H. Aiken (1900-1973), seorang
insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator
elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah
lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM
Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai
elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen
mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik
untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat
diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan
persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini
adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh
kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.
Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder,
computer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya
sebesar 160kW.
Komputer
ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly
(1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang
bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada pertengahan 1940-an,
John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania
dalam usha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang
masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete
Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk
menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk
berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci
utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang
memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber
tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh
Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model
arsitektur von Neumann tersebut.
A.2.Bagian-bagian
dari PC
Mungkin banyak dari kita belum mengerti
bagian-bagian komputer dan fungsinya, sedikit informasi tentang sekilas
komponen dan fungsi-fungsi bagian komputer beserta keterangan singkat dan
gambar komponen komputer yang mungkin dapat menambah wawasan tentang ilmu
komputer kita.
1. VGA CARD
VGA
card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk
menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak
akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot
tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
Seperti
apa bentuk VGA card tersebut? Silakan amati gambar dibawah ini.
Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari
memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan
gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak
manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas,
karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.
VGA card yang terlihat diatas merupakan VGA
tambahan, bukan on board (tidak menyatu dengan motherboard). Keuntungan VGA
card non on board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru
apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer
kita.
2. CASING
Casing
merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari
CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa dengan modifikasi bagi
mereka yang senang mengotak-atik casing ini. Selain sebagai pelindung CPU,
casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing
modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih
dari satu buah. Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk
menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti
motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain. Sebagai pelindung, casing
bermanfaat melindungi bagian dalamnya dari kotoran atau debu, dari benturan
dengan benda lain, sehingga bagian-bagian yang vital akan aman dan tidak cepat
rusak. Selain fungsi primernya tersebut, casing juga dapat tampil dengan
berbagai macam warna dan bentuk yang sesuai dengan keinginan kita. Tentu saja
casing hasil modifikasi ini harganya lebih mahal.
Yang terpenting dalam
pemilihan casing adalah fungsi utamanya. Sehingga komputer kita berada dalam
keadaan yang aman dan terlindungi.
3. POWER SUPPLY
Masih
bagian dalam komputer, yang tersimpan dalam CPU yaitu power supply. Sesuai
dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian
komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis
ATX. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
Bagian
belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga
terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak
power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk
mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard. Tentu saja
listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Sedangkan di power supply
itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dilarang keras menyentuhnya.
4.
PROCESSOR
Tulisan
ini lanjutan dari sebelumnya yang membahas isi dari CPU. Kemarin sudah membahas
mengenai motherboard, kali ini kita akan membahas processor. Apa sih processor
itu? Bagaimana bentuknya? Fungsinya buat apa?
Dibawah
ini akan coba dijelaskan apa itu processor. Processor merupakan bagian yang
sangat penting dari komputer. Ia bisa diibaratkan sebagai otaknya komputer.
Yaitu suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik merespon dan
mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.
Bagaimana
sih bentuknya? Coba lihat gambarnya berikut ini.
Itu
adalah gambar processor yang terbaru, baik dari Intel maupun AMD.
5. MOTHERBOARD
Tulisan
ini bagi yang ingin mengenal isi CPU, diantaranya motherboard atau mainboard.
Merupakan bagian induk atau utama yang berada dalam CPU. Berfungsi sebagai
papan circuit dari berbagai macam komponen pendukung lainnya.
Seperti
apa sih bentuk motherboard tersebut? Di bawah ini adalah contoh gambar
motherboard
“Gigabyte GA-MA69GM-S2H”.
Anda
lihat bagian yang berwarna-warni itu?
Itu
merupakan tempat dudukan untuk memasang card-card yang diperlukan, seperti VGA
card, memory card, TV Tuner, Video card, dan lain-lain.
6. KEYBOARD Dan MOUSE
Nah,
ini bagian inputnya yang terdiri dari keyboard dan mouse. Tahun 1990-an input
device hanya berupa keyboard saja. Perkembangan selanjutnya mulai muncul mouse,
pen (berbentuk pulpen). Saat ini sudah ada yang input device berupa sentuhan
jari (touch screen) dan suara (kalima perintah). Yang umumnya dipakai untuk
komputer rumahan adalah keyboard dan mouse. Fungsinya tentu saja untuk
memasukan data.
7. Monitor
Yang
terakhir yaitu monitor, output sementara, karena hanya tampak buat sementara
saja di layar. Fungsinya untuk melihat hasil input ataupun program yang sedang
aktif.
Infocus / Proyektor
Fungsi Printer sendiri berguna untuk membuat salinan / menghasilkan cetakan pada data yang di buat.Speaker
Pengeras suara (bahasa Inggris: loud speaker atau speaker) adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.
A.3.Pengetahuan
dasar Troubleshooting
Troubleshooting
adalah sebuah bentuk pemecahan masalah pada suatu sistem yang sedang mengalami
gangguan yaitu dengan mencari sumber yang menjadi penyebab masalah tersebut dan
kemudian mencari pemecahan atas permasalahan yang terjadi sehingga sistem tersebut
bisa beroperasi kembali secara normal. Troubleshooting diperlukan pada
pengembangan dan pemeliharaan sistem yang kompleks dimana gejala yang
menyebabkan terjadinya gangguan bisa memiliki banyak kemungkinan penyebab.
Troubleshooting telah digunakan pada banyak bidang seperti pada bidang sistem
administrasi, elektronika, sistem komputer, reparasi otomotif hingga diagnosa
pada bidang medis.
Troubleshooting diperlukan pada
identifikasi terjadinya penyimpangan atau gejala-gejalanya dalam sebuah sistem.
Pengalaman biasanya digunakan untuk menguraikan kemungkinan penyebab yang
menimbulkan gejala-gejala penyimpangan. Menentukan penyebab adalah dengan
melakukan proses eleminasi penyebab sehingga ditemukan penyebab yang paling
mungkin pada suatu gangguan. Terakhir, troubleshooting akan memerlukan
konfirmasi atas solusi yang digunakan untuk mengembalikan kondisi sistem ke
keadaan semula. Secara umum, troubleshooting adalah identifikasi atau diagnosa
terhadap penyebab gangguan yang terjadi di dalam sebuah sistem. Gangguan di
inisialisasi dari gejala-gejala yang menyebabkan penyimpangan operasi sistem
dan troubleshooting adalah proses menentukan penyebab dari gejala-gejala ini.
Sebuah sistem bisa diuraikan ke dalam
batasan-batasan perilaku yang telah ditetapkan. Kejadian atau input yang
diberikan ke dalam sistem diharapkan memberikan hasil atau output yang spesifik
seperti yang diinginkan. Sebagai contoh adalah ketika anda ingin mencetak pada
printer dari komputer anda. Tentu anda ingin menghasilkan cetakan pada kertas
dari printer anda. Tetapi bila ada gejala-gejala terjadinya gangguan maka
printer anda tidak bisa mencetak atau akan menghasilkan cetakan yang amburadul.
Terjadinya perilaku yang menyimpang merupakan gejala-gejala terjadinya gangguan
pada sistem. Troubleshooting adalah proses mengisolasi penyebab terjadinya
gangguan dan kemudian memberikan solusi untuk mengatasi gangguan tersebut.
B.Pembahasan
tentang Analisis computer
Pada computer 1, 2, 3, 4, 5, 6, 9,
10, 13, dan 14 tidak ada suatu
permasalahan yang terdeteksi.
Pada
computer 7 dan 16 permasalahan yang terdeteksi adalah CPU suka merestart
tiba-tiba atau mendadak. Analisa yang diduga Mainboard, RAM, Chipset, dan
perangkat tambahan kotor. Solusinya hanyalah membersihkan perangkat yang kotor
tersebut dan perangkat tambahan seperti hard disk.
Pada
computer 11 permasalahan yang terdeteksi adalah CPU ketika di power on menyala
akan tetapi tidak lama kemudian hang atau tidak merespon sama sekali. Analisa
yang diduga Colling fan untuk pendingin prosessor mati. Solusi seperti ini
perlu dilakukan penggantian colling fan
pendingin prosessor dengan yang masih baik.
Pada
computer 17 dan 18 permasalahan yang terdeteksi adalah CPU menyala akan tetapi
monitor tidak mau menyala, dan menyampaiakan pesan No signal, padahal kabel
sudah terkoneksi ke port VGA. Analisa yang diduga kabel yang menghubungkan ke
port VGA rusak atau agak terputus. Solusinya yaitu membongkar monitor dan
mengganti kabel yang menghubungkan VGA dengan yang masih baik.
Pada
computer 12, 15, 19, dan 20 permasalahan yang terdeteksi ketika di power on
tidaka ada respons dari CPU akan tetapi monitor menyala. CPU mati total, lampu
led yang ada di mainboard mati dan colling fan mati. Analisa yang diduga
mainboard rusak atau mati. Solusi pada computer ini yaitu dengan mengganti
mainboard yang mati dengan yang hidup, tetapi disesuaikan dengan prosessor yang
ia pakai.
Bab III
Penutup
A. Kesimpulan
Kesimpulan makalah ini adalah sejarah
tentang perkembangan computer yang terdiri dari empat golongan besar, yaitu :
1.
Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana,
dan
faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga
tangan
manusia
2.
Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan
dengan tangan secara manual
3.
Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan secara
otomatis
oleh motor elektronik
4.
Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Tulisan
ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa,
terutama alat pengolah data.
Bagian-bagian computer yang meliputi VGA
card, casing, power supply, processor, motherboard, keyboard, mouse, dan
monitor. Analisa dari sebagian computer tidaklah terlalu parah, meskipun ada
sebagian yang rusak. Mungkin karena pemakaian siswa yang kurang baik.
B. Saran
Dengan makalah ini saya harap para pembaca
bisa mengenal PC (Personal computer) dan memahami arti dari sebuah merawat PC
(Personal Computer). Tetap teliti, terampil, dan hasil yang memuaskan. Tentu
tidak semua orang langsung bisa mengerti. Namun, kita sebagai manusia haruslah
belajar jika menginginkan suatu perubahan yang lebih baik untuk menjelang hari
esok yang akan datang.
Daftar Pustaka
Buku
Bahasa Indonesia,2012. Kata pengantar. Kelas XI
SMK/MAK.
Biaswara,
Renneta. 2012. Kesimpulan dan saran. Sumber Sari.
Kelompok
2, 2012. Pembahasan Analisis Komputer di Laboratorium SMK Muhammadiyah 1 PPU.
Babulu darat.
WWW.sejarahkomputer.com
WWW.bagian-bagiandariPC.com
WWW.pengetahuandasartroubleshooting.com